Diduga Ketidakpatuhan Moral dan Pelanggaran Hak, Wakil Rakyat PSI di Adukan ke DPRD Solo

Ketua BK DPRD Surakarta, S Rony Kamtoro menunjukkan surat aduan terhadap anggota DPRD Kota Surakarta dari PSI Antonius Yogo, jumat (17/7/2020). Foto: Istimewa

 

FOKUSLINTAS.com – Antonius Yogo Prabowo, wakil rakyat dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diadukan ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Surakarta, atas tuduhan ketidakpatuhan terhadap moral dan pelanggaran hak.

Surat pengaduan itu dilayangkan oleh Herlina Dyah Wahyuni asal Cinderejo Lor RT 3/5 Kelurahan Gilingan, Kecamatan, Banjarsari Solo. Herlina usia 41 tahun tidak lain adalah istri sah sang wakil rakyat.

Ketua BK DPRD Surakarta, S Rony Kamtoro membenarkan soal aduan tersebut kepada wartawan, di gedung DPRD Kota Surakarta, Jumat (17/7/2020). Rony menyebutkan, Badan Kehormatan DPRD Surakarta sudah melakukan vervikasi kepada kedua belah pihak belum lama ini.

“Tadi, (Jumat, 17/7/2020-red), Herlina memenuhi undangan BK DPRD Surakarta untuk memberikan keterangan dan verivikasi aduan. Adapun Yoga sudah dimintai klarifikasi beberapa waktu lalu,” katanya.

Rony mengungkapkan, dalam aduan yang disampaikan Herlina disebutkan Yogo melakukan perselingkuhan dengan wanita lain. Aduan lain menyebutkan, yang bersangkutan selama menjadi anggota DPRD tidak memberikan nafkah kepada pengadu sebagai istri sah.

“Adapun tujuan pengaduannya adalah memberikan teguran dan sanksi atas ketidakmampuan Yogo sebagai wakil rakyat untuk menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas DPRD, dan menuntuk hak atas nafkah untuk diberikan langsung kepadanya sebagai istri sah,” ucap Rony membacakan aduan.

Usai melakukan verivikasi, kata Rony pihaknya akan melakukan mediasi atau mempertemukan keduabelah pihak untuk membicarakannya secara kekeluargaan.

Anggota BK DPRD Surakarta Ardiyanto Kuswinarno menambahkan, posisi BK dalam kapasitas memediasi saja. Selebihnya hal itu diserahkan kepada keduabelah pihak karena masalahnya adalah urusan keluarga.

“ya harapan kami persoalan rumah tangga ini diselesaikan dengan bentuk kekeluargaan,” kata wakil rakyat dari Partai gerindra ini.

Sementara itu Herlina saat ditemui wartawan seusai memenuhi panggilan BK DPRD Surakarta untuk memverivikasi aduanya enggan berkomentar atas pertanyaan wartawan.

“Belum dulu,” katanya sambil meninggalkan gedung DPRD.

Terpisah Antonius Yogo saat dikonfirmasi membenarakan adanya keretakan hubungan keluarganya. Ketidakharmonisan itu sudah terjadi sejak lama sebelum dirinya duduk di kursi legislatif. Yogo menyatakan, persoalan rumah tangganya ini sudah dibawa ke pengadilan dan sudah menempuh beberapa kali sidang.

“Memang benar saya diminta BK DPRD untuk memberikan memverivikasi atas aduan Herlina. Saya sudah memberikan klarifikasi ke BK,” katanya. *(Sam)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *