Berkunjung ke Wonogiri, Ganjar Pesan Wayang Karakter


Kunjungan Ganjar Pranowo ke kampung wayang beberapa waktu lalu. Foto: Ist

 

FOKUSLINTAS.com – Di sela kunjungannya ke Wonogiri beberapa waktu lalu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyempatkan diri dan sekaligus memesan dua buah wayang kulit di Kampung Wayang Kepuhsari, Kecamatan Manyaran. Wayang yang dipesan itupun cukup unik dan istimewa karena menggambarkan karakter dirinya.

“Mungkin karena dengar ada Kampung Wayang, kemudian berkunjung ke perajin wayang,” ungkap pengurus Kelompok Pokdarwis Tetuko Desa Kepuhsari Kecamatan Manyaran, Retno Lawiyani kepada wartawan, Rabu (26/8).

Menurut Retno, kebetulan saat itu putranya yakni Bimo Mahendra Gofar tengah menatah, secara spontan Gubernur Jateng mendekatinya. Lalu, dia mengajak ngobrol anaknya tentang pembalajaran daring dan lainnya.

Sebelum mampir di pondoknya, Ganjar Pranowo terlebih dahulu memberikan bantuan listrik kepada warga di desa setempat yang dianggap kurang mampu. Di sela obrolan itu, gubernur lalu memesan dua buah wayang dengan karakter wajahnya.

Pesanan pertama berupa wayang kulit dengan karakter berwajah Ganjar yang mengenakan kain lurik. Namun, ketika pesanan itu sudah jadi, Gubernur kembali meminta dibuatkan wayang kulit berwajah dirinya, dengan badan Gatotkaca versi Bali.

Retno Lawiyani menambahkan, putranya (Bimo) sejak kecil sudah mengenal tatah sungging wayang kulit. Konon, kemahirannya soal tatah sungging belajar dari kakeknya.

Saat ini, Bimo menempuh pendidikan dibangku kelas I SMK Kriya Sahid Sukoharjo. Selain mahir di bidang tatah sungging, Bimo suka seni musik gamelan reog. Bahkan, tak jarang dirinya menjadi penabuh gendang di grup reog Singo Sejati desa setempat.*

[Tim-Her]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *